Kentang goreng Belanda
Belanda,  Food,  Travel,  World

6 Jajanan Kaki Lima yang Wajib Kamu Coba Saat Liburan ke Belanda

Mengunjungi suatu tempat tentu belum lengkap tanpa mencicipi makanan khasnya. Bicara tentang makanan khas Belanda, mungkin kita sudah cukup familiar dengan beberapa kudapan seperti bitterballen atau poffertjes.

Kedua camilan tersebut sering disajikan di kafe dan restoran di Indonesia. Tapi, ada nggak ya jajanan lain yang nggak kalah lezatnya dari kedua camilan tadi?

Kuliner negeri tulip memang tidak sekondang negara tetangganya seperti Italia atau Prancis. Namun, untuk urusan street food masih banyak lho jajanan khas Belanda yang bisa kamu coba!

Nah, kalau kamu berkesempatan melancong ke negeri kincir angin, jangan lupa coba jajanan favorit orang Belanda ini ya!

Stroopwafel

Kalau kamu penggemar makanan manis, stroopwafel harus masuk di bucket list kamu.

Stroopwafel merupakan camilan yang terdiri dari dua lapis kue wafer tipis yang direkatkan dengan sirup caramel kental.

Camilan manis ini biasa dijual di pasar atau pinggir jalan dan dinikmati selagi hangat. Namun, jika kamu tak bisa menemui penjaja stroopwafel, kamu masih bisa membelinya di supermarket.

Stroopwafel dan kopi panas. Yum!
Stroopwafel dan kopi panas. Yum!

Orang Belanda paling suka menikmati kue ini dengan secangkir kopi hitam. Hmm, terbayang kan paduan pahit kopi dan manisnya stroopwafel.

Oya selain stroopwafel utuh, kadang remahannya juga dijual lho. Kalau di Indonesia mungkin seperti tukang gorengan jual remah-remah gorengan kali ya. Bedanya kalau di tukang gorengan biasanya dijadikan bonus. Hehe.

Stroopwafel
My last stroopwafel at Markthal Rotterdam before flying back home

Patat atau Friets (kentang goreng)

Yang satu ini adalah favorit saya. Eits, jangan bayangkan kentang goreng seperti di restoran fast food ternama itu ya.

Patat atau friets ini dibuat dari jenis kentang khusus dengan potongan lebih besar. Alhasil, teksturnya lembut di dalam, tapi renyah di luar. Tidak seperti kentang ala K*C yang kecil, garing, dan kadang kopong.

Kentang goreng ala Belanda ini biasa disajikan dengan berbagai macam saus seperti mayones, saus tomat, mustard, curry sauce, Joppiesaus, bahkan sambal oelek dan juga pindasaus alias sambal kacang!

Patat met mayo. Porsinya besar banget kan.

Di Belanda pindasaus memang cukup lazim dipadukan dengan berbagai makanan kecil. Tak diragukan lagi, sambal kacang merupakan salah satu warisan dari zaman kolonial Belanda di nusantara.

Salah satu menu yang paling digemari warga lokal adalah patatje oorlog. Oorlog berarti β€˜perang’ dalam bahasa Belanda. Teman-teman Belanda saya suka sekali dengan saus ini.

Patatje oorlog merupakan kentang goreng disajikan dengan paduan beberapa saus dan potongan bawang bombay sehingga tampilannya terlihat berantakan seperti medan perang.

Ikan Haring

Kalau kamu suka makan sashimi, kamu juga harus coba ikan haring mentah ala Belanda!

Kamu bisa membelinya di haringhandels atau kedai kecil khusus menjual kudapan ini. Ikan haring ini biasanya disajikan utuh atau sudah dipotong serta dinikmati bersama potongan bawang bombay dan acar mentimun atau dijadikan isian roti sandwich.

Oh ya, kalau kamu mau menikmatinya seperti orang Belanda, kamu harus pegang ekornya dan memakannya dari ujung. Selamat menikmati!

Kibbeling

Kalau kamu ragu mencoba ikan haring mentah, maka kamu harus coba kibbeling.

Tenang, kibbeling bukan ikan mentah kok – melainkan ikan fillet goreng tepung yang disajikan dengan mayonais atau garlic sauce/ knoflooksaus.

Kibbeling met knoflooksaus

Kibbeling biasanya dibuat dari ikan kod atau ikan putih lainnya. Namun, saat ke Markthall Amsterdam ada juga warung yang menjual kibbeling dari ikan salmon! Mantab kan!

Oliebollen

Masih ingat dengan odading yang sempat viral beberapa saat lalu? Nah, ini dia jajanan ala Belanda yang sangat mirip dengan odading.

Oliebollen (jamak dari oliebol) merupakan camilan yang sering dibuat dan dijajakan menjelang tahun baru. Kismis dan potongan apel biasa ditambahkan ke adonannya. Lalu dinikmati dengan taburan gula bubuk.

Oliebollen

Jajanan yang satu ini juga disebut sebagai nenek moyangnya donut lho. Konon, para pemukim asal Belanda yang datang ke Amerika membawa serta resep camilan berbentuk bulat ini yang kemudian berevolusi menjadi donut.

Kapsalon

Kalau kamu mencari jajanan yang lebih mengenyangkan, jangan ragu coba kapsalon.

Huh, salon apa? Hahaha. Jajan di salon?

Makanan yang satu ini bisa kamu beli di warung kebab ya, bukan di salon.

Konon katanya kapsalon merupakan upgrade dari menu makan siang seorang penata rambut (yang dalam bahasa Belanda juga disebut kapsalon). Dari situlan makanan cepat saji ini mendapatkan namanya.

Sajian ini merupakan percampuran kuliner khas Belanda, Timur Tengah, dan Indonesia lho.

Didalamnya terdapat kentang goreng, keju, daging kebab/ shawarma, salad sayuran, dan disajikan dengan garlic sauce, mayonais, atau sambal pedas.

Rasanya bagaimana? Untuk saya pribadi, menu ini cukup berat di lidah dan perut. Hanya cocok jika sangat kelaparan. Tapi, banyak teman-teman Indonesia yang suka. Rasanya yang cenderung asin dan pedas memang pas di lidah Indonesia.

Makanan- makanan tersebut biasanya halal dan tidak mengandung daging babi atau produk turunannya. Namun, tidak ada salahnya jika kamu bertanya kepada sang penjual jika kamu ragu.


Nah, itu dia beberapa jajanan ala Belanda yang bisa kamu coba saat berkunjung ke negeri kincir angin ini. Tentu saja masih banyak yang belum disebutkan disini, misalnya Bosche bollen, pannenkoeken (pancake), dll.

Saya pribadi lebih menggemari makanan bercitarasa gurih dan pedas daripada yang manis. Dari keenam makanan di atas, favorit saya yaitu kentang goreng dan kibbeling.

Kamu punya snack favorit dari negeri van oranje ini? Share dong di kolom komentar!

4 Comments

  • Aqmarina - The Spice To My Travel

    Hi mbak Rosa 😊

    Stroopwafel is numero uno.. pengen banget nyobain langsung yang baru mateng di Belanda.
    Sewaktu itu aku makannya yang udah kemasan kecil-kecil.
    Enak banget ya aku ngeliatnya dari gambar aja padahal haha apalagi aslinya yuum!

    Friesnya juga omo kayanya enak banget, semua nya kayanya enak banget haha
    Terima kasih mbak sudah berbagi jajanan khas Belanda yang buatku laper di sore hari ini haha

    • Rosa Safitri

      Hi Marina πŸ™‚
      stroopwafel paling enak emg klo baru mateng, masih panas ngepul gitu. apalagi belinya pas di cuaca Belanda yang klo nggak dingin, ya dingin banget. hahaha.
      Aku paling suka kibbeling sama patatje met mayo, hehe. simple tapi enakkkk. murah & ngenyangin jugak..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *