Eat,  Food,  Indonesia,  LIFE,  Review,  Sulawesi,  Travel

Esprezza Cafe and Bistro, Makassar (Review)

Kalau ada pepatah bilang don’t judge a book from its cover, saya bilang I judge a cafe from its facade!

Yess, karena alasan bentuk bangunannya yang unik dan cukup menonjol diantara deretan bangunan di sekitarnya, saya jadi tertarik untuk singgah ke sebuah kafe di Makassar, namanya Esprezza Cafe and Bistro. Harapannya, kalau dari luarnya saja sudah menarik apalagi didalamnya kan ๐Ÿ™‚

Essprezza Cafe and Bistro tampak luar
Essprezza Cafe and Bistro tampak luar
Essprezza Cafe and Bistro, Makassar
Si kubah yang bikin jatuh cinta

Dari luar bangunan kafe ini berbentuk kubah dominan warna putih dan sedikit aksen biru mengingatkan saya akan bangunan- bangunan khas Mediterania. I am a big fan of Mediterranean building, thatโ€™s why it fascinated me a lot! Sambil ngayal babu berasa lagi di Santorini boleh kan ya, hehe.

Pertama kali ke Esprezza, malam selepas magrib dan pas hujan lumayan deras, jadi saya buru- buru masuk ke dalam kafe. Mata saya reflek menuju sebuah meja kosong untuk dua orang. Setelah meletakkan tas, barulah saya sadar. Kok isinya cowok semua ya, agak berasap dan kenapa lampunya remang- remang. Aheyy, ternyata ini smoking room, pantaslah kenapa isinya cowok- cowok yang lagi ngopi- ngopi santai bareng gengnya. Huahaha.

Seorang waiter kemudian mengarahkan saya ke ruangan non-smoking room yang terletak bersebelahan dan, ternyata lumayan cozy! Interiornya memang unik, lengkap dengan mural yang menghiasi dinding, dan instalasi lampu di langit- langit. Suka!

Interior dalam Essprezza cafe
Interior dalam Essprezza cafe

Saya memilih duduk lesehan disebuah sofa dengan meja kecil dipinggir jendela. Oya, jika kamu datang ke kafe dengan maksud untuk bekerja dengan laptop dan membutuhkan colokan listrik, jangan khawatir karena colokan listrik tersedia hampir disetiap tempat duduk di Essprezza.

Oiya, Essprezza juga menyediakan private room yang bisa di book dengan pembelanjaan jumlah tertentu. Cucok lah buat yang ingin kumpul- kumpul privat sama geng nya atau arisan ya.

Essprezza Cafe and Bistro
Private room nya

Menu yang disajikan campuran antara menu Indonesia dan menu Barat. Saya segera memesan segelas Mint Cafe Mocha panas dan seporsi Beef Quesadillas. Makanan ala Meksiko ini disajikan hangat dalam porsi yang cukup (bagi saya) kalau sedang nggak lapar- lapar banget. Mint cafe mocha nya lumayan menghangatkan di tengah cuaca Makassar yang lagi sering hujan badai.

Essprezza Cafe and Bistro
Beef Quesadillas & Hot Mint Cafe Mocha
Essprezza Cafe and Bistro
Nasi Goreng Essprezza

Di lain waktu saya mencoba Nasi Goreng Esprezza, yang lumayan unik. Nasi nya dibumbui dengan cabai hijau sehingga menampilkan warna hijau semarak, ditemani ayam asam manis, beberapa emping goreng, sambal tumis (yang ternyata pedes enak) dan potongan keju cheddar! Emmm, kombinasi yang terakhir ini agak kurang nyambung sih kalau di lidah saya. Hehe. Jadi saya makan kejunya belakangan aja dicemil sendiri.

Selain kedua menu tersebut, menu lain yang disajikan lumayan bervariasi seperti taco, fish & chips, pasta, salad, sampai Mamak fried noodleย ! Duh, jadi kangen Penang kan. Harganya lumayan masuk akal untuk standar harga Makassar yang kadang suka overpriced, berkisar antara Rp.15.000,- s.d. Rp.40.000,- belum termasuk pajak ya.

Essprezza juga menyediakan catering Diet Mayo lho! Kalau liat foto- fotonya di instagram sih sepertinya cukup menggiurkan deh menunya.

Seperti halnya tempat nongkrong lainnya di Makassar yang selalu ramai di weekend atau malam hari selepas jam kantor, Esprezza juga surprisingly ramai sekali! Padahal bangunannya imut banget lho kalau dari luar. Essprezza juga sering menampilkan live music dan jamming session, pantas ya ramai banget kalau weekend.

Kalau sendirian datang ke kafe, artinya saya lagi pengen quality time sama laptop saya, jadinya saya lebih milih jam- jam kafe masih sepi, misalnya mruput pas kafe barusan buka, jadinya bisa lebih konsen dan saya nggak akan terlalu terganggu sama keramaian pengunjung lainnya.

Jadi, apakah saya akan kembali ke Essprezza? Absolutely yessss!

Esprezza Cafe and Bistro/ 081355130555

Jl. Mappanyuki No. 20-A, Makassar

Instagram: @essprezzacafeandbistro

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *